Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEDOMAN PELIPUTAN TEROR DALAM BERITA TERORISME DI MEDIA ONLINE TEMPO.CO (Studi Kasus Berita Bom Makassar Periode 28 Maret - 30 April 2021)

MUTIA ERIZA, - (2022) PENERAPAN PEDOMAN PELIPUTAN TEROR DALAM BERITA TERORISME DI MEDIA ONLINE TEMPO.CO (Studi Kasus Berita Bom Makassar Periode 28 Maret - 30 April 2021). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Mutia Eriza Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Penerapan Pedoman Peliputan Teror Dalam Berita Terorisme di Media Online Tempo.co Aksi terorisme adalah segala aksi yang dilakukan untuk menyampaikan ancaman keamanan dan perdamaian masyarakat yang dilakukan sekelompok orang atau organisasi, yang dapat menyebabkan kematian dan kerusakan pada fasilitas umum dengan tujuan mengintimidasi publik. Media massa adalah sarana penyampaian pesan yang memiliki peran besar dalam menyebarkan teror sehingga diperlukan pedoman yang tepat untuk memberitakan aksi terorisme. Seperti Bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar pada 28 Maret 2021. Salah satu media berita online yang turut memberitakan aksi terorisme ini adalah Tempo.co. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tempo.co memberitakan kasus terorisme Bom Makassar berdasarkan Pedoman Peliputan Teror. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 46 berita. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pendekatan statistik persentase dengan rumus P = Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pemberitaan Bom Makassar yang dimuat oleh media berita online Tempo.co mengenai Bom Makassar periode 28 Maret – 30 April 2021 secara keseluruhan mematuhi Pedoman Peliputan Teror. Kata Kunci : Analisis Isi, Berita, Terorisme, Pedoman, Tempo.co

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:23
Last Modified: 25 Jul 2022 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61746

Actions (login required)

View Item View Item