Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERJOKIAN PEMBUATAN KARYA ILMIAH SKRIPSI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PERSPEKTIF KODE ETIK MAHASISWA

NORA GUS TYARA BR.SIAGIAN, - (2022) PERJOKIAN PEMBUATAN KARYA ILMIAH SKRIPSI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PERSPEKTIF KODE ETIK MAHASISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)

Abstract

Skripsi merupakan kewajiban seluruh mahasiswa strata satu atau S1 dalam penyelesaian tugas akhir guna mendapatkan Gelar sarjana, yang mana dalam pembuatan skripsi harus dilakukan oleh mahasiswa yang bersangkutan. Berbagai cara dan strategi yang dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka menyiasati proses penyelesaian skripsi salah satunya dengan menggunakan joki skripsi padahal mengunakan joki skripsi dalam penyelesaian skripsi merupakan bentuk pengingkaran terhadap kemampuan intelektual mahasiswa dan merupakan suatu pelangaran berat dalam kode etik kemahasiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaturan perjokian skripsi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Perspektif Hukum Pidana Khusus dan ancaman hukum adalm tindak pidana khusus perjokian skripsi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis yaitu penulis secara langsung melakukan penelitian kelapangan dan melakukan wawancara serta mencari data yang diperlukan. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif, yaitu untuk memberikan gambaran mengenai permasalahan pokok penelitian. Lokasi penelitian ini di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan perjokian skripsi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau telah diatur dalam kode etik kemahasiswaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dalam pasal 13 ayat (9) salah satu pelanggaran berat adalah membuat dan/atau meminta orang lain untuk membuatkan skripsi, tesis, disertasi dan melakukan plagiasi. Ancaman hukuman terhadap mahasiswa pengguna jasa pembuatan skripsi disebutkan dalam kode etik kemahasiswaan dapat dekenakn sanksi berat berupa pemberhentian sebagai mahasiswa, pemecatan dengan tidak hormat sebagai mahasiswa dan pencabutan gelar akademik. Pemberian sanksi dilakukan kepada mahasiswa yang diduga menggunakan jasa pembuatan skripsi oleh dosen yang mana dosen dapat menindak lanjutinya dengan melaporkan pelanggaran berat tersebut kepada Dekan dan Rektor dapat menjatuhkan sanksi berdasarkan usulan Dekan setelah mendapat pertimbangan Dewan Kode etik yang disampaikan kepada mahasiswa yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:46
Last Modified: 25 Jul 2022 04:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61737

Actions (login required)

View Item View Item