Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN INTERACTIVE LEARNING BERBASIS SOFTWARE LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN 1 BENGKALIS

TRIA NORANTY, -Tria (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN INTERACTIVE LEARNING BERBASIS SOFTWARE LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN 1 BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
COVER SAMPAI AKHIR.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tria Noranty (2022) : Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Interactive Learning berbasis Software Lectora Inspire dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs N 1 Bengkalis Penelitian ini bertujuan untuk membuat pengembangan Media Interactive Learning pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits Kelas VII MTsN 1 Bengkalis, untuk mengetahui validasi dari pengembangan Media Pembelajaran dengan menggunakan Interactive Learning pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits Kelas VII MTsN 1 Bengkalis, dan untuk mengetahui praktikalitas dari pengembangan Media Pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits Kelas VII MTsN 1 Bengkalis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang peneliti gunakan adalah model penggembangan 4D. Tahapan ini adalah Define, Design, Development, dan Dissemination. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits Kelas VII MTsN 1 Bengkalis yang dikembangkan menggunakan Software Lectora Inspire. Validasi produk dilakukan oleh 10 orang validator dan diuji coba kepada 28 orang siswa kelas VII G MTsN 1 Bengkalis. Produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan praktikalisasi. Instrumen yang digunakan adalah angket Produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan praktikalisasi. Pengkategorian hasil kevalidan dengan teknik yang dikemukakan Riduwan: 0-20 Tidak valid, 21-40 Kurang valid, 41-60 Cukup valid, 61-80 Valid, 81-100 Sangat valid. Dari hasil validasi media Pembelajaran yang dinilai oleh 10 orang validator, dapat diketahui rata-rata hasil validasi secara umum adalah 86 % % dengan kategori sangat valid. Pada aspek kelayakan isi dalam media Pembelajaran 85%, aspek kelayakan penyajian dalam media 86%, aspek penilaian bahasa dalam media interactive learning 87 %. Dapat disimpulkan yang dikembangkan sudah valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil respon dari 28 orang siswa kelas VII G MTsN 1 Bengkalis terhadap Media Interactive Learning yang digunakan selama pembelajaran adalah sangat praktis dengan rata- rata 88,63 %. Dari aspek tampilan 87,86%, aspek penyajian materi dalam Media Interactive Learning 88,75 %, manfaat dalam Media Interactive Learning 89,46 %. Hal ini berarti bahwa pada umumnya siswa memberikan apresiasi yang baik dalam penggunaan Media Interactive Learning ini dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Penelitian R&D, Media Pembelajaran dengan Interactive Learning

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:35
Last Modified: 22 Jul 2022 08:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61715

Actions (login required)

View Item View Item