Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SIRIH MERAH (Piper ornatum N.E.Ba.) TERHADAP Colletotrichum capsici (Syd.) E.J. Butler & Bisby SECARA IN VITRO

NADIA ULPA, - (2022) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SIRIH MERAH (Piper ornatum N.E.Ba.) TERHADAP Colletotrichum capsici (Syd.) E.J. Butler & Bisby SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

Colletrotichum capsici penyebab penyakit pada cabai yang dapat menyerang semua jaringan morfologi pada semua fase pertumbuhan tanaman, sehingga perlu dikendalikan dengan ekstrak sirih merah yang mengandung senyawa fitokimia dan memiliki aktivitas antijamur. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak daun sirih merah yang efektif dalam menghambat pertumbuhan Col. capsici secara In Vitro. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Oktober sampai dengan November 2021 di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap non faktorial yang terdiri dari 25 unit pecobaan dengan perlakuan 5 konsentrasi ekstrak sirih merah (0%, 3%, 5%, 8%, dan 10%) dengan 5 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak sirih merah mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan tanin, serta berbeda nyata terhadap diameter (cm), daya hambat pertumbuhan (%), efektivitas terhadap berat basah (%) dan berat kering Col. capsici (%). Konsentrasi 10% ekstrak sirih merah efektif dalam menghambat pertumbuhan Col. capsici secara In Vitro. Kata Kunci: antraknosa, senyawa fitokimia, antijamur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:16
Last Modified: 22 Jul 2022 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61714

Actions (login required)

View Item View Item