Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN UTAMA KEBAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PROBABILISTIK (Studi Kasus : Waralaba Kebab Gochenk)

Azizah Muhana, - (2022) PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN UTAMA KEBAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PROBABILISTIK (Studi Kasus : Waralaba Kebab Gochenk). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (FULL LAPORAN KECUALI BAB 45)
FILE FULL EX BAB 45.pdf - Submitted Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (BAB 45)
BAB 45.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Waralaba Kebab Gochenk bergerak pada bidang industri makanan yang telah memiliki berbagai outlet di Pekanbaru. Terdapat 3 bahan utama kebab yang hanya tersedia di Pusat Kebab Gochenk, sehingga perusahaan harus menyediakan persediaan tidak terjadinya kekurangan dan kelebihan stok persediaan oleh setiap outlet. Terdapat 3 supplier yang bekerjasama dengan Pusat Kebab Gochenk. Permasalahan pada Perusahaan ini yaitu dengan permintaan yang tidak pasti menyulitkan perusahaan menentukan jumlah persediaan yang tepat dalam memesan bahan utama kebab kepada supplier. Maka dari itu perusahaan perlu melakukan perhitungan Economic Order Quantity (EOQ) dengan keadaan permintaan yang tidak pasti dapat dilakukan pendekatan probabilistik untuk mengetahui jumlah yang tepat dan sekaligus biaya yang optimal dalam perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode Forecasting untuk mengetahui kebijakan pada masa yang akan datang dan melakukan perhitungan EOQ Probabilistik untuk menentukan jumlah yang optimal dalam pemesanan kepada supplier dan dapat menghemat biaya persediaan. Hasil penelitian didapat bahwa pada kulit kebab terdapat EOQ yang optimal 239 pack, ROP 40 pack dan safety stock 17 pack. Pada bahan utama daging terdapat EOQ yang optimal 113 kg, ROP 3 kg, dan safety stock 1 kg. Pada bahan utama saus cabe terdapat EOQ yang optimal 128 kg, ROP 10 Kg dan safety stock 1 kg. Penghematan biaya keseluruhan yaitu Rp. 1.858.587

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Jul 2022 05:47
Last Modified: 25 Jul 2022 05:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61712

Actions (login required)

View Item View Item