Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Terapi Realita untuk Mengatasi Rendahnya Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kampar Timur

KRISNA BAYU PRATAMA, - (2022) Implementasi Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Terapi Realita untuk Mengatasi Rendahnya Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kampar Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
REVISI SKRIPSI BAYU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bentuk implementasi layanan konseling individu dengan pendekatan terapi realita untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Kampar Timur, 2) faktor yang mempengaruhi implementasi layanan konseling individu dengan pendekatan terapi realita untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Kampar Timur. Penelitian ini menggunakan model deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa-siswa SMA Negeri 1 Kampar Timur. Objek penelitiannya adalah implementasi layanan konseling individu dengan pendekatan terapi realita untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model naratif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) implementasi layanan konseling individu dengan pendekatan terapi realita untuk mengatasi rendahnya belajar siswa adalah semua siswa menerima layanan konseling individual secara keseluruhan dengan dibimbing 4 guru bimbingan konseling, guru bimbingan konseling bekerjasama dengan guru bidang studi dan wali kelas dalam mengidentifikasikan siswa dengan minat belajar yang rendah, guru bimbingan konseling menerapkan terapi realita untuk siswa dengan minat belajar rendah dengan teknik yang menekankan pada tanggung jawab dan guru bimbingan konseling melakukan konseling individu dengan mengutamakan kenyaman siswa, 2) faktor yang mempengaruhi implementasi layanan konseling individu dengan terapi realita untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa terbagi menjadi 2 yaitu faktor pendukung diantaranya, kesadaran guru bimbingan konseling akan pentingnya layanan konseling individu, kemauan dan semangat siswa dalam melakukan konseling individu, kesadaran siswa menemui guru bimbingan konseling saat merasa memerlukan bantuan dan siswa merasa puas lalu ada peningkatan dalam minat belajar, sedangkan faktor penghambat diantaranya beberapa guru bimbingan konseling kurang menyadari pentingnya konseling individual, siswa kurang menyadari akan minat belajarnya yang rendah, kurangnya rasa kemauan sebagian siswa dalam konseling individu, keterbatasan waktu guru bimbingan konseling dalam melakukan konseling individu dan sulit memahami kepribadian siswa saat pembelajaran daring lalu jaringan yang bermasalah. Kata Kunci: Implementasi, Layanan Konseling Individu, Terapi Realita, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:57
Last Modified: 22 Jul 2022 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61677

Actions (login required)

View Item View Item