ULFA NOVRILLA, - (2022) HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 BENAI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
TESIS LENGKAP ULFA BAB I-3.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TESIS LENGKAP ULFA BAB 4-5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
Abstract
Ulfa Novrilla, (2022): Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Benai. Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar. Ada dua faktor yang memengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa salah satunya adalah motivasi belajar. Faktor lain yang memengaruhi prestasi belajar adalah kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Benai. Penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA N 1 Benai sebanyak 233 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dan berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Benai. Hal ini ditunjukkan dengan dengan nilai thitung 5.252 lebih besar dari ttabel 1,684 dengan besar kontribusi 64%. Motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Benai. Hal ini ditunjukkan dengan dengan nilai thitung 4.528 lebih besar dari ttabel 1,684 dengan besar kontribusi 64,0%. Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Benai. Hal ini ditunjukkan dengan besar kontribusi 64,0%. Ini berarti sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 64,0%. Sisa nya 34,0 % dipengaruhi variabel lain. Kata Kunci: Kedisplinan, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:04 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 06:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61663 |
Actions (login required)
View Item |