Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTS

DIAN PUSPITA, - (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

ABSTRAK Dian Puspita, (2022): Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk berupa modul berbasis pendekatan kontekstual pada materi himpunan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dengan jenjang pendidikan minimal S2 dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan kontekstual pada materi himpunan. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Taufiq Wal Hidayah Pekanbaru. Desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk ahli teknologi pendidikan, lembar validasi untuk ahli materi pembelajaran, angket respon siswa, soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil validasi oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran modul berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 86,98%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah dengan jumlah responden 8 orang siswa diperoleh bahwa modul berbasis pendekatan kontekstual sangat praktis dengan persentase tingkat keidealan 90,5%. Hasil uji kepraktisan kelompok terbatas dengan jumlah 26 orang siswa diperoleh bahwa modul berbasis pendekatan kontekstual sangat praktis dengan persentase tingkat keidealan 88,29%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Pengembangan modul berbasis pendekatan kontekstual sudah efektif digunakan, hal ini ditunjukkan bahwa lebih besar dari . Selain itu, keefektifan modul bisa dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 81,08 lebih tinggi dari rata-rata nilai posttest kelas kontrol 67,7. Kata kunci : Himpunan, Modul, Pendekatan Kontekstual, Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:44
Last Modified: 22 Jul 2022 01:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61636

Actions (login required)

View Item View Item