Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN DI BAITUL MAL WA TAMWIL(BMT) DEWAN MASJID INDONESIA(DMI) PEKANBARU

NADIA PUTRI MARTINI RAMBE, - (2022) ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN DI BAITUL MAL WA TAMWIL(BMT) DEWAN MASJID INDONESIA(DMI) PEKANBARU. Skripsi thesis, SYARIAH DAN HUKUM.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

ABSTRAK Nadia putri martini rambe, (2022) : ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN DI BAITUL MAL WA TAMWIL(BMT) DEWAN MASJID INDONESIA(DMI) PEKANBARU Penelitian ini adalah tentang analisis kepuasan nasabah terhadap pelayanan di BMT DMI pekanbaru. Perkembangan lembaga keuangan jasa syariah di Indonesia mengalami banyak peningkatan baik dari segi kualitas maupun jenisnya. Tetapi dengan meningkatnya perkembangan lembaga keuangan syariah , dibagi pula dengan persaingan bisnis yang menjadi semakin ketat. Salah satunya adalah Baitul mal wat tamwil (BMT). Banyak analisis meyebutkan bahwa BMT merupakan perusahaan jasa yang tumbuh dan juga berkembang dengan cepat. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana analisis Kepuasan Nasabah terhadap pelayanan di BMT DMI Pekanbaru? Bagaimana Tinjauan Menurut Ekonomi Syariah Terhadap analisis Kepuasan Nasabah terhadap pelayanan di BMT DMI Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pelayanan terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui secara parsial antara pelayanan terhadap kepuasan nasabah, dan analisis dimensi kualitas pelayanan yang dominan terhadap kepuasan nasabah. Responden penelitian ini adalah nasabah di BMT DMI pekanbaru. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan metode kualitatif. Hasil penelitian ini adalah analisis yang mempengaruhi tingkat pelayanan terhadap kepuasan nasabah di BMT DMI pekanbaru adalah kesopanan karyawan, komunikasi yang disampaikan karyawan terhadap nasabah sangat jelas, keamanan yang sudah sangat baik, kebersihan yang membuat para nasabah nyaman saat berada di ruang tunggu, dan tidak adanya potonganpotongan dalam menabung, dan keramahan yang membuat nasabah merasa nyaman pada saat menabung, parkiran yang cukup luas, kamar mandi yang bersih, selain itu bank ini juga memiliki gedung dan fasilitas pelayanan yang berkualitas. Tingkat pelayanan terhadap kepuasan nasabah dan nasabah sangat puas terhadap pihak BMT yang selalu mengonfirmasikan semua kebutuhan nasabahnya, memberikan layanan informasi yang jelas, dan puas terhadap sikap karyawan dalam melayani, akses yang mudah dan nyaman membuat para nasabah merasa puas. Kata kunci : Pelayanan, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:32
Last Modified: 21 Jul 2022 08:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61627

Actions (login required)

View Item View Item