Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN KELOMPOK USAHA BERSAMA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Diviana Auria, - (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN KELOMPOK USAHA BERSAMA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TA DIVIANA AURIA (11850120402) LENGKAP KECUALI BAB 4 WATERMARK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA BAB 4 DIVIANA AURIA (11850120402) WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan yang selalu di keluhkan masyarakat kepada pemerintah. Dinas Sosial merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang berperan penting dalam penanggulangan kemiskinan. Salah satu program pemerintah dalam pemberian bantuan yaitu program yang bernama kelompok usaha bersama (KUBE), KUBE diarahkan oleh pemerintah untuk terciptanya kesehteraan sosial dan juga meningkatkan masyarakat yang kreatif dan produktif. Dengan adanya bantuan usaha ini banyak masyarakat yang ingin mendapat bantuan, yang membuat kesulitan kepada Dinas Sosial untuk melakukan validasi data calon penerima bantuan KUBE berdasarkan kriteria-kriteria atau syarat yang telah ditetapkan. kriteria yang digunakan ada 6 kriteria dengan masing-masing kriteria memiliki sub kriterianya sendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat merekomendasikan penerima bantuan menggunakan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). metode Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan pada pembobotan nilai kriteria dan metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk pemilihan alternatif terbaik. Sistem ini menghasilkan output berupa perangkingan yang dapat menjadi rekomendasi penerima bantuan KUBE. Berdasarkan pengujian yang dilakukan terhadap sistem dengan menggunakan metode UAT terdapat 3 responden, mendapatkan hasil 87,4% pada katergori “sangat baik”. Kata kunci: Analytical Hierarchy Process, Bantuan Kelompok Usaha Bersama, Simple Additive Weighting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:39
Last Modified: 25 Jul 2022 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61603

Actions (login required)

View Item View Item