Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Pertanggungjawaban Perusahaan Travel Terhadap Korban Kecelakaan Lalu Lintas Pada CV. Regina Wisata Transport Kota Pekanbaru Menurut Siyasah Dusturiyah.

Dwi Asyari Malia, - (2022) Pelaksanaan Pertanggungjawaban Perusahaan Travel Terhadap Korban Kecelakaan Lalu Lintas Pada CV. Regina Wisata Transport Kota Pekanbaru Menurut Siyasah Dusturiyah. Skripsi thesis, SYARIAH DAN HUKUM.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Asyari Malia (2022) : Pelaksanaan Pertanggungjawaban Perusahaan Travel Terhadap Korban Kecelakaan Lalu Lintas Pada CV. Regina Wisata Transport Kota Pekanbaru Menurut Siyasah Dusturiyah. Salah satu permasalahan dalam transportasi adalah kecelakaan lalu lintas.Dalam hal kendaraan umum, tidak hanya awak kendaraan yang bertanggungjawab tetapi perusahaan angkutan umum juga mempunyai tanggungjawab dalam hal kecelakaan lalu lintas. Akan tetapi pada kenyataannya tidak semua perusahaan angkutan umum melaksanakan tanggungjawabnya sebagaimana seperti yang telah diatur di dalam peraturan perundang-undangan. Pertanggungjawaban sepenuhnya dilimpahkan kepada awak kendaraan yang secara langsung terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Adapun pokok permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pertanggungjawaban perusahaan travel terhadap korban kecelakaan lalu lintas pada CV. Regina Wisata Transport Kota Pekanbaru? (2) Bagaimana tinjauan siyasah dusturiyah terhadap pelaksanaan pertanggungjawaban perusahaan travel terhadap korban kecelakaan lalu lintas pada CV. Regina Wisata Transport Kota Pekanbaru? Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode lapangan (field research).Penelitian dilakukan dengan mengambil data dari perusahaan CV. Regina Wisata Transport Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah pemilik, pegawai, sopir travel CV. Regina Wisata Transport Kota Pekanbaru, dan korban.Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data dan informasi menggunakan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sedangkan dalam teknik analisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu semua data yang telah penulis kumpulkan kemudian penulis jelaskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat dipahami secara jelas. Hasil penelitian menunjukkan, bahwasanya pelaksanaan pertanggungjawaban perusahaan travel terhadap korban kecelakaan lalu lintas pada CV. Regina Wisata Transport Kota Pekanbaru belum sepenuhnya berjalan dengan baik sesuai dengan yang diperintahkan di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perusahaan telah melakukan pengingkaran yang mana perusahaan hanya memberikan ganti rugi berupa santunan dari pihak asuransi saja kepada korbansedangkan untuk biaya perawatan dan rumah sakit dilimpahkan kepada sopir yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Pelaksanaan pertanggungjawab perusahaan travel CV. Regina Wisata Transport Kota Pekanabaru belum sesuai dengan perspektif siysah dusturiyah. Dimana perusahaan travel belum sepenuhnya melaksanakan kewajiban untuk bertanggungjawab terhadap korban kecelakaan lalu lintas. Hal ini tidak sesuai dengan ajaran Islam bahwasanya setiap diri manusia bertanggungjawab atas apa yang telah diperbuatnya. Kata kunci: Pertanggungjawaban, Kecelakaan Lalu Lintas, Siyasah Dusturiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:00
Last Modified: 21 Jul 2022 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61577

Actions (login required)

View Item View Item