Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STATUS ANAK PERNIKAHAN WANITA HAMIL MENURUT ENAKMEN UU KELUARGA ISLAM DAN PUTUSAN MAHKAMAH RAYUAN CIVIL DI NEGERI JOHOR MALAYSIA

NIK BAKRI NIK MAT, NB (2022) STATUS ANAK PERNIKAHAN WANITA HAMIL MENURUT ENAKMEN UU KELUARGA ISLAM DAN PUTUSAN MAHKAMAH RAYUAN CIVIL DI NEGERI JOHOR MALAYSIA. Thesis thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS NIK BAKRI 5 Bab 21990215608.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS BAB IV NIK BAKRI 21990215608.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Perkawinan merupakan sesuatu yang mulia dan agung bagi kehidupan manusia, khususnya bagi umat Islam seperti Malaysia dan Indonesia, yang menginginkan perkawinannya sah menurut hukum agama dan sah menurut hukum negara dan kemudian dikaruniai anak yang sholeh dan shaleh. Namun, setelah itu, dengan berkembangnya waktu dan pergaulan bebas, anak muda yang merasa dimabuk cinta, tidak bisa mengontrol persahabatan yang sehat, malah mengikuti perintah teman sebaya atau orang yang dicintainya sehingga terbentuklah seks bebas. Dampaknya adalah akan lahirnya anak di luar nikah dan kemudian pihak-pihak yang terlibat akan menghadapi masalah penentuan status anak luar nikah. Pertanyaannya, mana yang harus dirujuk ke Pengadilan Syari'ah atau Pengadilan Perdata untuk menentukan status anak kepada siapa harus diberikan. Oleh karena itu, akan terjadi perbedaan putusan antara Peradilan Syariah yang memiliki dasar yang disebut Pemberlakuan Hukum Keluarga Islam dengan dasar Peradilan Perdata. Sebagai umat Islam, hendaknya kita mengacu dan mengutamakan prinsip-prinsip Islam dalam menentukan status anak luar nikah dan tidak memandang persoalan nasab hanya sebagai pandangan yang sematamata didasarkan pada stigma dan dampak psikologis terhadap anak luar nikah dan kemudian berpaling darinya. Hukum Syara' (khususnya mazhab Syafi'i) atau Hukum Keluarga Islam di Malaysia. Karena dengan adanya putusan ini akan semakin mengundang polemik di masyarakat dimana masalah pewarisan anak haram (anak haram) dan lain-lain menjadi semakin sulit diselesaikan di pengadilan dan membawa dampak buruk bagi masyarakat muslim.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:07
Last Modified: 22 Jul 2022 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61533

Actions (login required)

View Item View Item