Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN “SMARTFREN UNLIMITED BENERAN BUKAN KALENG-KALENG” DI PLATFORM YOUTUBE

IHSANUL FITRI, - (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN “SMARTFREN UNLIMITED BENERAN BUKAN KALENG-KALENG” DI PLATFORM YOUTUBE. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN “SMARTFREN UNLIMITED BENERAN BUKAN KALENG-KALENG” DI PLATFORM YOUTUBE IHSANUL FITRI NIM. 11643101217 Semiotika atau dalam istilah Barthes disebut semiologi pada dasarnya hendak mempelajari bagaimana kemanusiaan (humanity) memaknai hal-hal (things), memaknai berarti bahwa objek-objek tidak hanya membawa informasi, dalam hal mana objek-objek itu hendak berkomunikasi, tetapi juga mengkonstitusi sistem terstruktur dari tanda. objek, sedangkan makna konotasi adalah bagaimana cara menggambarkannya. Peran pembaca (the reader) merupakan salah satu area penting yang dirambah Barthes dalam studinya mengenai tanda. Konotasi, walaupun merupakan sifat asli tanda, membutuhkan keaktifan pembaca agar dapat berfungsi. Barthes memberikan konsep tentang konotasi dan denotasi sebagai kunci dari analisisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis semiotika terhadap iklan “smartfren unlimited beneran bukan kaleng-kaleng” di platform youtube. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika yang merupakan teknik penelitian alternatif bagi kajian komunikasi yang cenderung lebih banyak mengarah pada sumber maupun penerimaan pesan. Analisis semiotik yang digunakan mengacu pada semiologi Roland Barthes signifikasi dua tahap (two order sygnification) denotasi dan konotasi. Hasil penelitian menunjukkan iklan smartfren unlimited beneran bukan kaleng-kaleng mengisyaratkan bahwa produk smartfren bisa memotivasi konsumen dalam hal menahan emosi dengan sifat sabar dengan menggunakan caranya sendiri dengan memanfaatkan skill yang dimiliki serta mengembangkan dan mempertahankan sifat sabar dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:48
Last Modified: 21 Jul 2022 01:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61520

Actions (login required)

View Item View Item