Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS FISIK WAFER RANSUM KOMPLIT BERBAHAN BUNGKIL INTI SAWIT (Palm Kernel Cake) DAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DENGAN LEVEL YANG BERBEDA

MUHAMMAD KHUZAIRI AKBAR, - (2022) KUALITAS FISIK WAFER RANSUM KOMPLIT BERBAHAN BUNGKIL INTI SAWIT (Palm Kernel Cake) DAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA (Indigofera zollingeriana) DENGAN LEVEL YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu alternatif pakan ternak ruminansia adalah dengan memanfaatkan limbah bungkil inti sawit dan indigofera dalam bentuk olahan wafer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik wafer berbahan bungkil inti sawit dan indigofera sebagai pakan ternak sapi potong. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada bulan Oktober sampai dengan November 2021. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan yaitu P1 bungkil inti sawit 25% + indigofera 25% + dedak padi 30% + tepung jagung 15% + molasses 5%. P2 bungkil inti sawit 20% + indigofera 30% + dedak padi 30% + tepung jagung 15% + molasses 5%. P3 bungkil inti sawit 15% + indigofera 35% + dedak padi 30% + tepung jagung 15% + molasses 5%. P4 bungkil inti sawit 10% + indigofera 40% + dedak padi 30% + tepung jagung 15% + molasses 5%. Hasil penenelitian ini menunjukan bahwa peningkatan persentasi penambahan indigofera dalam formulasi wafer bepengaruh sangat nyata (P<0,01) dapat meningkatkan kulitas tekstur, kadar air dan daya serap air. Berpengaruh nyata (P<0,5) terhadap kualitas warna wafer, serta tidak memberikan pengaruh nyata (P>0,05) dalam meningkatkan kualitas aroma, dan kerapatan wafer. Berdasarkan penenelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perlakuan terbaik untuk kualitas fisik wafer adalah pemakaian 10% bungkil inti sawit + 40% indigofera. Kata kunci : Bungkil Inti Sawit, Indigofera, Kualitas Fisik, Wafer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 21 Jul 2022 05:59
Last Modified: 21 Jul 2022 05:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61511

Actions (login required)

View Item View Item