Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA

Yuri Indri Yani, Yuri (2022) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (GABUNGAN TANPA BAB IV)
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
2 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)

Abstract

ABSTRAK Yuri Indri Yani, (2022): Perbedaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Sibolga. Kemampuan berpikir siswa sangatlah penting karena siswa diwajibkan untuk dapat menganalisis pemikirannya sendiri untuk memutuskan suatu pilihan dan menarik kesimpulan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih terdapat kemampuan berpikir siswa yang masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir siswa dikarenakan masih rendahnya keterampilan kolaborasi siswa yang tidak muncul dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa antara model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan kooperatif tipe Jigsaw dan mengetahui dampak positif dan negatif dari penerapan kedua model tersebut pada materi pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Sibolga. Penelitian ini termasuk penelitian mixed methods yakni paduan antara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif ini temasuk penelitian semu (Quasi eksperimen) dengan desain non randomized control pretest posttest design. Sedangkan jenis penelitian kualitatif adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari penerapan kedua model pembelajaran tersebut. Analisis data menggunakan uji t independent sample, reduksi, yajian, dan penyimpulan. Hasil analisis Uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa antara kedua model pembelajaran tersebut. Dampak positif dari penerapan kedua model tersebut adalah melatih siswa untuk memecahkan masalah sendiri, setiap siswa memiliki kesempatan untuk menjadi ahli dalam materi yang ditugaskan kepadanya dan dapat melatih kemampuan berkomunikasi siswa dalam pembelajaran. Sedangkan dampak negatif adalah masih ada siswa yang hanya mementingkan diri sendiri, keterbatasan berkomunikasi siswa yang menyebabkan siswa tersebut tidak dapat menjelaskan dengan baik materi kepada siswa lain. Kata Kunci: Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), Kooperatif tipe Jigsaw, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), Kooperatif tipe Jigsaw, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: 200 Agama
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:03
Last Modified: 20 Jul 2022 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61503

Actions (login required)

View Item View Item