Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODEL ACTIVE LEARNING BERBASIS KOLABORATIF TIPE BUZZ GROUP DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs SEKABUPATEN SIAK

SITI ZALEHA, - (2022) PENGEMBANGAN MODEL ACTIVE LEARNING BERBASIS KOLABORATIF TIPE BUZZ GROUP DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs SEKABUPATEN SIAK. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Zaleha (2022) : Pengembangan Model Active Learning Berbasis Kolaboratif Tipe Buzz Group dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsS se Kabupaten Siak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validasi dari pengembangan model active learning berbasis kolaboratif tipe buzz group dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsS se Kabupaten Siak, dan untuk menganalisis praktikalitas dari pengembangan model active learning berbasis kolaboratif tipe buzz group dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTsS se Kabupaten Siak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang peneliti gunakan adalah model penggembangan 4D. Tahapan penelitian menggunakan model 4D ini adalah Define, Design, Development, dan Dissemination. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modul model active learning berbasis kolaboratif tipe buzz group dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Validasi produk dilakukan oleh 4 (empat) orang validator yang terdiri dari ahli pendidikan dan guru mata pelajaran Akhlak yang dilakukan uji coba di 3 (tiga) sekolah MTsS. Produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan praktikalisasi. Instrument yang digunakan untuk mengumpul data adalah angket validasi produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan praktikalisasi. Data yang didapat kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisannya. Hasil validasi secara umum oleh 4 (empat) orang validator dengan nilai 66,67 % menunjukkan bahwa pengembangan model active learning berbasis kolaboratif tipe buzz group ini sangat valid. Menurut Suharsimi Arikunto apabila hasil jawaban sebesar 66,67% maka ini dikategorikan cukup, dan ini berarti jawaban atau nilai validasi yang diberikan oleh validator terhadap model actve learning berbasis kolaboratif tipe buzz group ini cukup dalam arti dapat digunakan dan dikembangkan dalam pembelajaran. Sedangkan uji praktkalisasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata di MTsS PP AMTI Rempak 91,9% sangat praktis, MTsS GUPPI Bandar Sungai 95,3% sangat praktis, dan di MTsS Nurul Ikhsan 93,9% sangat praktis. Selanjutnya untuk kriteria keefektifan model active learning berbasis kolaboratif tipe buzz group dalam penelitian pengembangan ini yaitu ditunjukkan dengan adanya ketuntasan hasil belajar yang dicapai oleh siswa, berdasarkan hasil tes belajar diproleh persentase ketuntasan hasil belajar dari 3 sekolah adalah 100% tuntas. Dengan demikian pengembangan model active learning berbasis kolaboratif tipe buzz group ini sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Penelitian R&D, Model Active Learning, Kolaboratif, Buzz Group.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:33
Last Modified: 21 Jul 2022 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61454

Actions (login required)

View Item View Item