Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN SUNTIK VAKSIN SEBAGAI SYARAT BAGI CALON PENGANTIN MENURUT TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus KUA Kec. Rambah Samo Kab. Rokan Hulu)

AHMAD NURKHOLIS, - (2022) PELAKSANAAN SUNTIK VAKSIN SEBAGAI SYARAT BAGI CALON PENGANTIN MENURUT TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus KUA Kec. Rambah Samo Kab. Rokan Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD NURKHOLIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Nurkholis (2022) : TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SUNTIK VAKSIN COVID 19 BAGI CALON PENGANTIN (Studi Kasus KUA Kec. Rambah Samo Kab. Rokan Hulu) Pernikahan merupakan hubungan lahir batin antara seorang laki-laki dan perempuan sebagai suami istri yang sah dan membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Pasangan suami istri yang akan melakukan pernikahan harus mendaftarkan diri ke KUA terdekat dan melengkapi berkas-berkas yang telah ditentukan. Salah satu syaratnya ialah sangat dianjurkan setiap pasangan melakukan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan umum dan pemeriksaan laboratorium (Torch, Hepatitis B, dan lain-lain). Pada saat pandemi Virus Corona saat ini KUA Kec. Rambah Samo mewajibkan pasangan suami istri yang akan menikah untuk melakukan suntik vaksin Covid 19. Vakasinasi Covid-19 adalah proses untuk membangun kekebalan tubuh manusia sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus Covid 19. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini ialah bagaimana pelaksanaan suntik Vaksin Covid 19 bagi calon pengantin dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap suntik vaksin Covid 19 bagi calon pengantin. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber yang dipakai meliputi sumber primer yaitu: wawancara terhadap 2 orang pegawai KUA dan 2 pasang calon pengantin, sumber sekunder yaitu: buku-buku terkait pembahasan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian adalah Pelaksanaan suntik vaksin Covid 19 bagi calon pengantin di KUA Kec. Rambah Samo Kab. Rokan Hulu belum terlaksana secara efisien karena kebijakan ini masih awam di kalangan masyarakat dan minimnya pengetahuan mengenai manfaat dari suntik vaksin Covid 19. Di dalam Islam melakukan suntik vaksin ini diperbolehkan karena mengandung kemashlahatan yaitu dapat melindungi dari penyebaran virus. Kata Kunci: Suntik Vaksin Covid 19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:53
Last Modified: 20 Jul 2022 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61400

Actions (login required)

View Item View Item