Syahrina Andriani (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN CARA MEMBUAT PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTs TARBIYAH ISLAMIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan antara kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching dengan cara membuat peta pikiran dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching dengan cara membuat peta pikiran dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran quantum teaching dengan cara membuat peta pikiran dan variabel terikatnya adalah kemampuan komunikasi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Tarbiyah Islamiyah Batu Belah tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 202 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan VIII B , dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam analisis data digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching dengan cara membuat peta pikiran. Berdasarkan hasil analisis menggunakan tes-t diperoleh nilai thitung sebesar 3,045 dan nilai ttabel sebesar 2,01. Oleh karena itu thitung > ttabel (3,045 > 2,01) sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Selain itu diperoleh mean kelas eksperimen 75,14 yang lebih tinggi daripada mean kelas control 71,26. Berdasarkan hasil analisis tersebut, terlihat adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching dengan cara membuat peta pikiran dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran quantum teaching dengan cara membuat peta pikiran terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa MTs Tarbiyah Islamiyah Batu Belah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 04:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6132 |
Actions (login required)
View Item |