PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 12 PEKANBARU

Fitria Apriliana Sari, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidak adanya terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 12 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 12 Pekanbaru”?. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 321 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama tujuh kali pertemuan, yang terdiri atas satu pertemuan untuk mengadakan pretest, lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Sedangkan untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji homogenitas dan uji Liliefors untuk menguji normalitas data. Dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa digunakan uji “t”. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttable dengan thitung = 2,77 dan ttable = 1,99. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan strategi generatif dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol menunjukkan bahwa penerapan strategi generatif memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 12 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:21
Last Modified: 03 Aug 2016 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6129

Actions (login required)

View Item View Item