Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PERMENDES NO. 4 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN BUMDES BINA JAYA DI DESA BINAMANG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR DITINJAU DALAM SIYASAH MALIYAH

ANGGUN LISTHARI, - (2022) PENERAPAN PERMENDES NO. 4 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN BUMDES BINA JAYA DI DESA BINAMANG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR DITINJAU DALAM SIYASAH MALIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANGGUN LISTHARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anggun Listhari (2022): PENERAPAN PERMENDES NO. 4 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN BUMDES BINA JAYA DI DESA BINAMANG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR DITINJAU DALAM SIYASAH MALIYAH Salah satu strategi pemerintah untuk memudahkan desa dalam mengelola potensi yang ada yaitu dengan dikeluarkan Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 yang menyebutkan pemerintah desa dianjurkan untuk memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Badan Usaha Milik Desa yang selanjutnya disebut BUMDes, adalah badan usaha yang seluruh atau yang sebagaian besar modalnya dimiliki oleh desa, melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan desa, yang kemudian diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Desa Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang pendirian, pengurusan dan pengelolaan, dan pembubaran Badan Usaha Milik Desa. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini yakni bagaimana penerapan Permendes No 4 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Bumdes Bina Jaya di Desa Binamang Kecamatan XIII Koto Kampar, dan bagaimana dilihat dari tinjauan Siyasah Maliyah, terhadapnya. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research). peneliti menggunakan jenis penelitian hukum sosiologis (yuridis sosiologis) dengan sifat penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Kemudian dalam populasi dan sempel secara keseluruhan adalah sumber data yang dikumpulkan untuk bahan penelitian. Sampel dari penelitian ini adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua Bumdes, Sekretaris BUMDes, dan 5 orang tokoh masyarakat setempat. Hasil penelitian merupakan BUMDes yang terdapat di Desa Binamang adalah BUMDes Bina Jaya. Adapun bentuk usahanya berupa BRI LINK dan Waserda. Penerapan Permendes No 4 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Bumdes Bina Jaya di Desa Binamang Kecamatan XIII Koto Kampar terkait pembentukan dan pengelolaan masih mengalami hambatan. Adapun hambatannya berupa kendala internal yang berupa keterbatasan tenaga kerja, terbatasnya sarana dan prasarana dan faktor eksternalnya berupa kurangnya kesadaran masyarakat akan peran dari BUMDes tersebut dan kurangnya kerjasama . Dalam tinjauan Siyasah Maliyah BUMDes sama halnya dengan Baitul Mal pada zaman Rasulullah SAW, yang mengatur harta benda kaum muslimin, baik harta yang masuk maupun keluar. Tujuan adanya BUMDes relevan dengan salah satu tujuan dalam hukum Islam (maqashidu al-syari’ah), yaitu menjaga umat (hifzu alummah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:48
Last Modified: 15 Jul 2022 04:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61273

Actions (login required)

View Item View Item