Liza Sulviani (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP DWI SEJAHTERA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan mind maps dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional, sehingga dapat dilihat adanya pengaruh atau tidak adanya pengaruh pembelajaran tersebut terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Dwi Sejahtera Pekanbaru Tahun Pelajaran 2013/2014, sedangkan untuk sampel penelitian ini penulis menggunakan teknik random sampling sederhana. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan pembelajaran dengan menggunakan mind maps dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 2,2197 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung > ttabel karena 2,2197 > 2,00 , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan mind maps dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen sebesar 75 yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol sebesar 68,7 menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan mind maps memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP Dwi Sejahtera Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 04:17 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 04:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6126 |
Actions (login required)
View Item |