Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MUATAN TAUHID DALAM SURAH AL-FATIHAH (Kajian Tafsir Maudhu’i)

KAMAL HIDAYAT, - (2022) MUATAN TAUHID DALAM SURAH AL-FATIHAH (Kajian Tafsir Maudhu’i). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Muatan Tauhid Dalam Surah Al-Fatihah (Kajian Tafsir Maudhu’i)”. Al-Fatihah merupakan surat mulia yang mengandung dasar-dasar Islam yang disebutkan secara global, pokok dan cabang agama seperti akidah, ibadah, tasyri‟, keyakinan akan hari akhir dan iman kepada sifat-sifat Allah. Dalam surah Al-Fatihah yang terdiri dari tujuh ayat semuanya mengandung nilai-nilai Tauhid yaitu Tauhid rububiyyah, Tauhid uluhiyyah dan Tauhid asma‟ wa sifat. Adapun penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apa saja muatan Tauhid dalam surah Al-Fatihah. Rumusan masalah yang dipaparkan dalam skripsi ini adalah bagaimana penafsiran surah al-fatihah menurut para mufasir dan bagaimana muatan Tauhid dalam surat Al-Fatihah. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif dan metodologi tafsir yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tematik (maudhu‟i). Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka dengan metode analisis data kualitatif. Penelitian ini disajikan dengan teknis analisis deskriptif, yaitu dengan menjelaskan ayat perayat yang berhubungan, dengan merujuk pada al-Qur‟an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil temuan dalam skripsi ini adalah. Pertama, bahwa di dalam surah al-Fatihah semua ayatnya mengandung nilai-nilai tauhid. yaitu tauhid rububiyyah pada ayat kedua dan ayat keempat, tauhid uluhiyyah pada ayat kelima sampai ayat ketujuh, lalu tauhid asma‟ wa shifat terdapat pada ayat pertama sampai ayat empat. Kata kunci : Tauhid, Surat Al-Fatihah, Tauhid Rububiyyah, Tauhid Uluhiyyah, Tauhid Asma‟ wa Sifat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:39
Last Modified: 15 Jul 2022 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61254

Actions (login required)

View Item View Item