Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAYA SERAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

FITRI RAMADHANI, - (2022) ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAYA SERAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Ramadhani, (2022): Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru Adanya virus COVID-19 berdampak pada diterapkannya aturan sekolah untuk melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Dengan daya serap siswa yang baik dapat meningkatkan prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta menganalisis Faktor-faktor yang mempengaruhi daya serap belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di masa pandemi Covid-19. Informan pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 serta guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan informan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal jasmaniah dan inteligensi seperti siswa yang mengalami kondisi tubuh yang kurang optimal terlihat dari siswa tidak sarapan dan pengaturan waktu istirahat yang tidak cukup dan kurangnya penggunaan daya penalaran menjadi faktor internal yang dapat berpengaruh terhadap daya serap siswa terhadap pelajaran ekonomi. Sedangkan pada faktor eksternal menjadi faktor yang berpengaruh besar pada daya serap siswa terdapat pada terganggunya ekonomi keluarga disebabkan oleh orangtua yang mengalami penurunan pendapatan ditengah pandemi dan metode guru mengajarkan pelajaran ekonomi yang terkendala waktu pada Proses Tatap Muka Terbatas (PTMT). Akan tetapi minat dan motivasi siswa tinggi serta lingkungan yang kondusif membuat potensi daya serap siswa tinggi. Kata kunci : Daya Serap, Belajar, Ekonomi, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:33
Last Modified: 15 Jul 2022 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61252

Actions (login required)

View Item View Item