Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENDISTRIBUSIAN DALAM PENGGUNAAN DANA ZAKAT, INFAK, SEDEKAH UNTUK PENDIDIKAN ANAK YATIM DAN DHUAFA (STUDI LAZ SWADAYA UMMAH PEKANBARU)

USWATINI.S, - (2022) ANALISIS PENDISTRIBUSIAN DALAM PENGGUNAAN DANA ZAKAT, INFAK, SEDEKAH UNTUK PENDIDIKAN ANAK YATIM DAN DHUAFA (STUDI LAZ SWADAYA UMMAH PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI USWATINI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Uswatini. S Nim : 11840423751 Judul : Analisis Pendistribusian Dalam Penggunaan Dana Zakat, Infak, Sedekah Untuk Pendidikan Anak Yatim dan Dhuafa (Studi. Laz Swadaya Ummah Pekanbaru) Zakat merupakan instrumen pertama dalam ajaran islam, yang berfungsi sebagai penyaluran aliran kekayaan dari tangan orang kaya kepada orang miskin. Zakat di samping termasuk kedalam kategori ibadah mahdah, juga memiliki dimensi ekonomi. Disamping itu ada yang di sebut dengan infaq, akan tetapi mempunyai makna yang lebih umum dari pada zakat, infaq untuk seseorang atau suatu lembaga dengan tidak ada ketentuan yang harus di keluarkan dalam rangka beribadah kepada Allah Swt. Sedangkan sedekah dalam konsep islam mempunyai arti luas, tidak hanya terbatas pada pemberian suatu yang sifatnya material kepada orang-orang miskin. Dengan demikian zakat, infak dan sedekah sebagai suatu kekuatan aktual islam yang perlu dikelola oleh suatu lembaga khusus. Secara teoritis, pendistribusian dana zakat yang diarahkan pada tujuan dalam menjalankan program Pendidikan Anak Yatim Dan Dhuafa. Seperti yang terjadi di daerah kota pekanbaru dalam pendidikan pada anak yatim dan dhuafa yang kurang mampu, sebuah lembaga Amil Zakat yaitu Swadaya Ummah membuat sebuah program pendidikan pada anak yatim dan dhuafa melalui pendistribusian dana ZIS (Zakat, infaq dan sedekah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Analisis Pendistribusian Dalam Penggunaan Dana Zakat Infaq Sedekah Untuk Pendidikan Anak Yatim Dan Dhuafa (Studi Laz Swadaya Ummah Pekanbaru). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ada 4 orang. Kata Kunci: Analisis, Pendistribusian Dana Zakat Infak Sedekah, Pendidikan Anak Yatim dan Dhuafa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:34
Last Modified: 15 Jul 2022 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61251

Actions (login required)

View Item View Item