Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DIKSI DALAM NAṢṢ AL-QUR’AN (Analisis Diksi dalam Ayat-ayat al-Qur’an yang Terkait dengan Tanda Nabi Zakariya ‘alaihi al-Salam akan Memperoleh Keturunan)

ABDUL GAFUR, - (2022) DIKSI DALAM NAṢṢ AL-QUR’AN (Analisis Diksi dalam Ayat-ayat al-Qur’an yang Terkait dengan Tanda Nabi Zakariya ‘alaihi al-Salam akan Memperoleh Keturunan). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABDUL GAFUR, (2022) : DIKSI DALAM NAS}S} AL-QUR’AN (Analisis Diksi dalam Ayat-ayat al-Qur’an yang Terkait dengan Tanda Nabi Zakariya ‘alaihi al-Salam akan Memperoleh Keturunan) Keywords : Diksi, gaya bahasa, makna. Salah satu bukti kemukjizatan al-Qur’an dari aspek bahasanya adalah pilihan kata-katanya yang begitu cermat. Mengingat al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, maka untuk memahaminya tentu tidak bisa terlepas dari ilmu-ilmu bahasa, termasuk stilistika yang di antara sub-temanya adalah diksi atau pilihan kata. Penelitian ini difokuskan pada analisa diksi dalam ayat-ayat yang berkaitan dengan kisah dalam al-Qur’an. Penyebutan satu kisah secara berulang dalam beberapa surat dengan penambahan dan pengurangan kata, taqdi>m dan ta’khi>r serta uslu>b yang bervariasi menunjukkan sesuatu yang menakjubkan. Di antara kisah yang disebutkan berulang adalah kisah nabi Zakariya a.s yang tema utama kisahnya adalah do’a beliau agar dianugerahi keturunan. Tanda bahwa do’a beliau telah dikabulkan dan isterinya telah hamil adalah tidak bisa berbicara dengan orang lain selama tiga hari dan tiga malam. Untuk menjelaskan tanda tersebut, al-Qur’an menggunakan dua redaksi yang berbeda; yaitu dalam Q.S. Ali Imran [3]: 41 dan Q.S. Maryam [19]: 10-11. Fokus penelitan adalah menemukan signifikansi pembedaan diksi, dan upaya mengkompromikan perbedaan diksi dalam ayat-ayat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan, dan termasuk penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode tafsir maud}u>’i> dan bersifat deskriptif. Untuk analisis data dilakukan analisis morfologi, semantik, dan komparatif, dan penarikan kesimpulan secara induktif. Kesimpulan penelitian bahwa pembedaan diksi terkait dengan keharmonisan kata dan kekayaan makna, dan untuk memahami perbedaan diksi mesti ditemukan relasi antar ayat-ayat yang terkait dengan tema tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:03
Last Modified: 18 Jul 2022 01:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61239

Actions (login required)

View Item View Item