Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAJIRIN TAPUNG

ADINDA PUTRI RABIDTHAH, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAJIRIN TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Adinda Putri Rabidthah, (2022): Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di MA Al-Muhajirin Tapung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode mind mappingi dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di MA Al-Muhajirin Tapung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada siswa yang merasa tidak cocok dengan cara mengajar guru, masih ada siswa yang mengeluh akibat tidak mengerti materi yang disampaikan oleh guru, masih ada siswa yang mengalami prestasi belajar yang rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dan X IPA Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Tapung. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Deskriptive Statistik. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman siswa mata pelajaran ekonomi di MA Al-Muhajirin Tapung. Hal ini terlihat dari uji t parametric yaitu thitung>ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,381<-4,.642>0,487) yang berarti terdapat perbedaan yang signitifikan terhadap kemampuan pemahaman siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode mind mapping dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di MA Al-Muhajirin Tapung. Kata Kunci : Mind Mapping, Kemampuan Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:05
Last Modified: 15 Jul 2022 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61234

Actions (login required)

View Item View Item