MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PERMAINAN TUNJUKKAN PADAKU PADA PELAJARAN ILMU PENDIDIKAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KASIKAN KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR

Mimi Febrianti, (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PERMAINAN TUNJUKKAN PADAKU PADA PELAJARAN ILMU PENDIDIKAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KASIKAN KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi permainan tunjukkan padaku yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tahapan-tahapan yang dilalui dalam PTK, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 001 Kasikan pada tahun ajaran 2014 dengan jumlah guru 1 orang dan jumlah siswa sebanyak 36 orang, yaitu 18 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi permainan tunjukkan padaku yang akan diterapkan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar Negeri 001 Kasikan. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan soal evaluasi. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa sedangkan soal evaluasi digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Berhasilnya penerapan permainan tunjukkan padaku pada mata pelajaran IPA, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa klasikal hanya mencapai 58.75%. Setelah dilaksanakan tindakan dengan menerapkan permainan tunjukkan padaku hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V.B Sekolah Dasar Negeri 001 Kasikan, menjadi meningkat hal tersebut dapat dilihat pada ketuntasan klasikal siklus I yaitu 74.72% dan siklus II yaitu 81.38%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:13
Last Modified: 03 Aug 2016 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6123

Actions (login required)

View Item View Item