Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) DI DESA SUNGAI TERAB KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU TAHUN 2018-2023

Mifta Syarif, Mifta (2022) PERANAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) DI DESA SUNGAI TERAB KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU TAHUN 2018-2023. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)

Abstract

Pemilihan Kepala Daerah menjadi salah satu indikator stabilitas dan dinamisnya demokratisasi suatu Bangsa. Pilkada dimasukkan dalam rezim pemilu, sehingga secara resmi bernama Pemihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah atau disingkat Pemilukada, Pemilihan Kepala Daerah diselengarakan oleh Komisi Pemilihan Umum. penulis memfokuskan penelitian terhadap tahapan persiapan yaitu sosialisasi, pasrtisipasi dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2018-2023. Hal tersebut menjadi permasalahan dimana rendahnya jumlah pemilih dan tujuan sosialisasi yang diharapkan KPU tidak sesuai yang diharapkan, maka dari itu tujuan penelitian yakni melihat bagaimana peranan KPU dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pilkada, lokasi penelitian ini yakni di desa Sungai Terab kabupaten Indragiri hilir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara, jenis sumber data yakni primer yang didapatkan dari komisioner KPU, ketua Bawaslu, Sekdes Sungai Terab, dan Masyarakat Sungai Terab, dan data sekunder dari dokumen dan laporan-laporan. Hasil penelitian didapatkan bahwasannya Peranan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Di Desa Sungai Terab Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau Tahun 2018-2023 dalam melaksanakan tahapan sosialisasi belum sepenuhnya terlaksana pada sasaran sosialisasi dan metode yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hilir juga belum efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Pada pelaksanaan tahapan sosialisasi Komisi Pemilihan Umum juga terdapat hambatan-hambatan yaitu keterbatasan sumber daya manusia dalam melaksanakan sosialisasi. Kurangnya anggaran dana untuk sosialisasi untuk melaksanakan semua metode dan menyentuh seluruh segmen yang ada di setiap wilayah di Kabupaten Indragiri Hilir khususnya di Desa Sungai Terab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan, KPU, Partisipasi, Pilkada
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:45
Last Modified: 15 Jul 2022 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61212

Actions (login required)

View Item View Item