Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 013 Tanjung Berulak Kabupaten Kampar.

Rini Hazlina Wati, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 013 Tanjung Berulak Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rini Hazlina Wati, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 013 Tanjung Berulak Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SDN 013 Tanjung Berulak Kabupaten Kampar melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik tepatnya muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian 1 orang guru dan 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes soal kemampuan berpikir kritis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan hasil kemampuan berpikir kritis hanya mencapai 58,6% atau berada pada kategori rendah. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 70% atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan menjadi 80,15% atau berada pada kategori Baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada muatan IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SDN 013 Tanjung Berulak Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:08
Last Modified: 14 Jul 2022 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61197

Actions (login required)

View Item View Item