Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) TERHADAP KEPUASAN JAMAAH UMRAH DI PT. AN CIPTA WISATA CABANG RIAU

Muhammad Rafi, - (2022) PENGARUH CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) TERHADAP KEPUASAN JAMAAH UMRAH DI PT. AN CIPTA WISATA CABANG RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I, II, III, IV, DAN VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena perkembangan dunia usaha yang sudah memasuki era baru dan semakin meningkatnya pesaing dalam segala sektor. Kondisi ini memaksa perusahaan harus cepat beradaptasi dengan kondisi pasar yang terjadi. Menyikapi hal tersebut, PT. An Cipta Wisata Cabang Riau menggunakan strategi CRM untuk menjembatani hubungan antara perusahaan dengan jamaah guna menciptakan suatu loyalitas dan kepuasan dari setiap jamaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh CRM (Costumer Relationship Management) Terhadap Kepuasan Jamaah. Populasi dalam penelitian ini adalah jamaah PT. An Cipta Wisata Cabang Riau pada Tahun 2019 yang berjumlah 215 orang, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin sehingga didapatlah jumlah sampel sebanyak 32 orang. Analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier sederhana dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS V.25. Berdasarkan perhitungan hasil Uji Regresi Linier Berganda diperoleh persamaan: Y = 19.115 + 0.731X + e. Selanjutnya, berdasarkan hasil Uji t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X terhadap variabel Y dengan hasil nilainya adalah sebesar nilai Thitung>Ttabel (3.180>1.697) yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Untuk indikator variable yang paling dominan berkonstribusi membentuk membentuk kepuasan Jamaah adalah variable X3 terhadap Y5 (Teknologi terhadap Kesediaan Untuk Merekomendasi) dengan nilai sebesar thitung 3.776 > ttabel 1.697. Sedangkan untuk indikator variabel yang memiliki pengaruh yang paling rendah adalah indikator variable X1 terhadap Y3 (Manusia terhadap Konfirmasi Harapan) dengan nilai sebesar thitung -2.530 < ttabel 1.697. Kata Kunci : Costumer Relationship Management, Kepuasan Jamaah, PT. An Cipta Wisata Cabang Riau

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:50
Last Modified: 15 Jul 2022 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61194

Actions (login required)

View Item View Item