Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN MANAGEMEN STRES DAN RASA SYUKUR UNTUK MENINGKATKAN STUDENT WELLBEING BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PEKANBARU RIAU

SRI WAHYUNI, - (2022) PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN MANAGEMEN STRES DAN RASA SYUKUR UNTUK MENINGKATKAN STUDENT WELLBEING BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PEKANBARU RIAU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Disertasi Lengkap.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sri Wahyuni (2022): Pengembangan Model Pelatihan Managemen Stres Dan Rasa Syukur Berdasarkan Perspektif Islam Untuk Meningkatkan Student Wellbeing Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pekanbaru Riau Penelitian di dunia pendidikan saat ini berkembang sangat pesat dan luas, tidak hanya meneliti ranah kognitif, tapi mulai berkembang ke ranah afeksi siswa, misalnya penelitian tentang kesejahteraan siswa (student wellbeing). Penelitian tentang kesejahteraan siswa ini sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan prestasi akademik dan performansi siswa di sekolah. Pada penelitian sebelumnya ditemukan adanya permasalahan pada kesejahteraan siswa di sekolah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesejahteraan siswa antara lain stres akademik dan rasa syukur. Selain itu, belum ada penelitian sebelumnya yang meneliti tentang pelatihan atau intervensi berdasarkan perspektif Islam yang dapat dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan siswa. Ada tiga tujuan penelitian ini, yaitu mengkaji korelasi antara stres akademik dan rasa syukur dengan kesejahteraan siswa, mengembangkan model pelatihan managemen stres dan rasa syukur berdasarkan perspektif Islam, dan menguji efektivitas pelatihan managemen stres dan rasa syukur berdasarkan perspektif Islam dalam meningkatkan kesejahteraan siswa. Hasil penelitian ini, pertama, terdapat korelasi yang sangat signifikan antara stres akademik dan rasa syukur dengan kesejahteraan siswa, kedua, ditemukannya model pelatihan managemen stres dan rasa syukur berdasarkan perspektif Islam untuk meningkatkan kesejahteraan siswa, dan ketiga, berdasarkan tiga kali uji coba, ditemukan bahwa model managemen stres dan rasa syukur berdasarkan perspektif Islam terbukti efektif dalam meningkatkan kesejahteraan siswa. Implikasi pada penelitian ini adalah model pelatihan managemen stres dan rasa syukur dapat digunakan oleh Guru Bimbingan Konseling untuk meningkatkan kesejahteraan siswa di sekolah. Kata Kunci: kesejahteraan siswa, stres akademik, managemen stres, rasa syukur

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 13 Jul 2022 05:16
Last Modified: 13 Jul 2022 05:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61192

Actions (login required)

View Item View Item