NUR‘AINI FITRI, - (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK EMPTY CHAIR DALAM KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DALAM BERTEMAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
||
|
Text
SKRIPSI NUR'AINI FITRI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur’aini Fitri, (2022): Efektivitas Penerapan Teknik Empty Chair dalam Konseling Individual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa dalam Berteman di Sekolah Menegah Atas Negeri 12 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik empty chair dalam layanan konseling individual; 2) Berapa efektif penggunaan teknik empty chair dalam layanan konseling individual,. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan bentuk desain one grup pre test post test. Subjek pada penelitian ini adalah siswa yang memiliki tingkat kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah. Objek pada penelitian ini adalah efektivitas penerapan teknik empty chair dalam konseling individual untuk meningkatan kemampuan komunikasi interpersonal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah perlakuan (treatment), pre test dan post test, serta dokumentasi. Adapun untuk analisis data peneliti menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal sebelum diberikan teknik empty chair melalui layanan konseling individual berada dikategori rendah dengan rata rata 56,6 dan setelah diberikan teknik empty chair melalui layanan konseling individual mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 86,4. Teknik empty chair melalui layanan konseling individual efektif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal berdasarkan uji paired sample t-test yaitu probabilitas Asymp. Sig (2-Tailed) 0,006 lebih kecil dari <0,05 taraf signifikan 5% sehingga dapat diketahui 95% efektif penggunaan teknik empty chair melalui layanan konseling individual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Empty Chair, Layanan Konseling Individual, Komunikasi Interpersonal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:04 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61167 |
Actions (login required)
View Item |