Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Variation Stimulus Dan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Anti Soraya, - (2022) Pengaruh Variation Stimulus Dan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Thesis thesis, PASCASARJANA.

[img] Text (BAB IV)
TESIS Anti Soraya BAB IV wtr.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS Anti Soraya BAB I-V wtr.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anti Soraya (2022) : Pengaruh Variation Stimulus Dan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan Variation stimulus merupakan dasar dalam mengajar. Variation stimulus yang baik dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Proses belajar perlu didukung oleh iklim kelas yang kondusif agar mahasiswa lebih termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variation stimulus dan iklim kelas terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan sebanyak 63 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda dengan bantuan Program SPSS Versi. 26.0. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan variation stimulus terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Hasil ini dibuktikan regresi linear sederhana dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0.877 dan nilai determinasi 0.769 Besarnya sumbangan variation stimulus terhadap motivasi belajar mahasiswa 76.9% dengan rentang kuat, untuk nilai t ditunjukan thitung sebesar 5.017 lebih besar dari ttabel 2.000 (5.017 > 2.000). (2) Terdapat pengaruh signifikan iklim kelas terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Hasil ini dibuktikan regresi linear sederhana dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0.876 dan nilai determinasi 0.768. Besarnya sumbangan iklim kelas terhadap motivasi belajar mahasiswa 76.8% dengan rentang kuat. untuk nilai t ditunjukan thitung sebesar 4.968 lebih besar dari ttabel 2.000 (4.968 > 2.000). (3) Terdapat pengaruh signifikan variation stimulus dan iklim kelas secara simultan terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Hasil ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 153.532 pada taraf 5% lebih besar dari Ftabel 3.15 (153.532 > 3.15). sedangkan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0.915 dan nilai determinasi 0.837. Besarnya sumbangan variation stimulus dan iklim kelas secara simultan terhadap motivasi belajar mahasiswa 83.7% dengan rentang sangat kuat, sisanya sebesar 16.3% yang mana dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Variation Stimulus, Iklim Kelas, Motivasi Belajar PAI.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 12 Jul 2022 00:50
Last Modified: 12 Jul 2022 00:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61123

Actions (login required)

View Item View Item