Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ISOLASI DAN PENAPISAN BAKTERI ENDOFIT DARI AKAR KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI LAHAN GAMBUT YANG BERPOTENSI SEBAGAI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA

METYA PUTRI SANDA, - (2022) ISOLASI DAN PENAPISAN BAKTERI ENDOFIT DARI AKAR KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI LAHAN GAMBUT YANG BERPOTENSI SEBAGAI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)

Abstract

METYA PUTRI SANDA (2022) : ISOLASI DAN PENAPISAN BAKTERI ENDOFIT DARI AKAR KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI LAHAN GAMBUT YANG BERPOTENSI SEBAGAI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA Bakteri endofit merupakan bakteri yang hidup dalam jaringan tanaman dan tidak menimbulkan kerugian pada tanaman inangnya. Bakteri endofit ini biasanya menghasilkan senyawa yang sama seperti yang dihasilkan oleh tanaman inangnya, yang mengandung senyawa bioaktif dan dapat menghambat pertumbuhan organisme lain. Berbagai jenis bakteri telah diidentifikasi sebagai PGPR. Sebagian besar berasal dari kelompok gram-negatif dengan jumlah strain paling banyak dari genus Pseudomonas dan beberapa dari genus Serratia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan isolat bakteri endofit dari akar kelapa sawit di lahan gambut yang berpotensi sebagai plant growth promoting rhizobacteria(PGPR). Penelitian ini telah dilaksanakan pada Bulan Oktober hingga November 2021 di kebun kelapa sawit Rimbo Panjang dan Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Tanah (PEMTA), Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, dengan menggunakan metode observasi dan eksperimen. Parameter yang diamati yaitu populasi bakteri endofit, karakteristik makroskopis, karakteristik mikroskopis, uji pelarut fosfat, dan uji antagonis. Hasil penelitian didapatkan Populasi bakteri endofit pada akar kelapa sawit yaitu ± 1,73 x CFU/g, dengan jumlah isolat 5 (S1, S2, S3, S4 dan S5). Seluruh isolat berpotensi sebagai PGPR karena memiliki kemampuan dalam melarutkan fosfat dan memiiki aktivitas antagonis terhadap G.orbiforme. Kata kunci : antagonis, bakteri, pelarut fosfat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:41
Last Modified: 11 Jul 2022 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61117

Actions (login required)

View Item View Item