Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Pendekatan Blended Learning Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di MTs Hasanah Pekanbaru

NOVICA ALYA RAHAYU, - (2022) Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Pendekatan Blended Learning Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di MTs Hasanah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL NOVICA)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVICA ALYA RAHAYU.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPA di MTs Hasanah Pekanbaru, guru masih berfokus pada penguasaan materi dan jarang menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk melakukan pengamatan secara langsung melalui kehiatan penyelidikan. Hal ini menyebabkan kurang dibekalinya peserta didik dalam memecahkan suatu persoalan sehingga kemampaun argumentasi siswa peserta didik masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Pendekatan Blended Learning Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di MTs Hasanah Pekanbaru. Metode penelitian menggunakan penelitian Quasi Experiment Non-Equvalent control Group dengan design yaitu melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model POE (Predict-Observe-Explain) dengan Pendekatan Blended Learning dan kelas VII B sebagai kelas control. Menggunakan model pembelajaran konvensional dengan data dikumpulkan melalui soal tes berupa soal essai sesuai indikator Toulmin. Data test dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 25 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Pendekatan Blended Learning Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di MTs Hasanah Pekanbaru. Kata Kunci: POE (Predict-Observe-Explain), Pendekatan Blended Learning Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa, Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:47
Last Modified: 11 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61110

Actions (login required)

View Item View Item