Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN ELEKTRODA PIRANTI SUPERKAPASITOR BERBASIS BIOMASSA BERDASARKAN ASPEK TEKNO-EKONOMI

Farhan Dio Pahlevi, Farhan (2022) ANALISIS PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN ELEKTRODA PIRANTI SUPERKAPASITOR BERBASIS BIOMASSA BERDASARKAN ASPEK TEKNO-EKONOMI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Sampai Lampiran Kecuali Bab IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
File Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)

Abstract

Penelitian tentang pemanfaatan biomassa sebagai bahan dasar pembuatan karbon aktif sebagai elektroda piranti penyimpanan energi superkapasitor telah banyak dilakukan. Namun, belum ditemukan suatu studi yang membahas tentang pra-rencana produksi superkapasitor berbahan biomassa dalam skala industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meninjau pemanfaatan rumput gajah sebagai elektroda superkapasitor berdasarkan aspek tekno-ekonomi. Perhitungan tekno-ekonomi yang dilakukan adalah dengan menghitung harga pokok produksi, break even point (BEP), payback period, net present value (NPV), dan analisis sensitivitias . Data yang diperlukan adalah data komponen biaya yang dikeluarkan dengan estimasi produksi skala kecil menengah, yaitu dengan target produksi 5.472 unit/tahun. Hasil penelitian ini berdasarkan eksperimen diperoleh nilai kapasitansi spesifik elektroda karbon sebesar 191 F/g atau setara 1,43 F. Selanjutnya, diperoleh harga pokok produksi sebesar Rp. 28.589/unit dilanjutkan dengan harga jual sebesar Rp. 37.000, break even point (BEP) terjadi pada saat unit ke 3.538 atau pada saat diperoleh laba kotor sebesar Rp. 130.939.401 dengan payback period selama 5 tahun, net present value (NPV) untuk periode bisnis selama 10 tahun bernilai positif dengan nilai Rp. 137.002.121, berdasarkan analisis sensitivitas harga jual dan BEP menjadi indikator yang paling sensitif apabila terjadi perubahan-perubahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:05
Last Modified: 11 Jul 2022 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61097

Actions (login required)

View Item View Item