Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS NUTRISI SILASE ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) YANG DIFERMENTASI DENGAN INOKULUM SAUS BURGER PAKAN (SBP) PADA LEVEL BERBEDA

GALIH CANDRA KIRANA, - (2022) KUALITAS NUTRISI SILASE ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) YANG DIFERMENTASI DENGAN INOKULUM SAUS BURGER PAKAN (SBP) PADA LEVEL BERBEDA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (50MB) | Preview

Abstract

Eceng gondok (Eichchornia crassipes) merupakan salah satu gulma air yang memiliki potensi besar sebagai pakan alternatif ternak. Pengolahan eceng gondok perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah lingkungan sekaligus mencegah terjadinya kelangkaan bahan pakan. Untuk meningkatkan kualitas gizinya, salah satu caranya adalah dilakukan fermentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh level pemberian inokulum saus burger pakan (SBP) yang difermentasi pada eceng gondok terhadap kualitas nutrisi (bahan kering, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, abu dan bahan ekstrak tanpa nitrogen). Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2022 di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Setiap perlakuan terdiri atas P0 (EG + 0% SBP); P1 (EG + 1% SBP); P2 (EG + 2% SBP); P3 (EG + 3% SBP); P4 (EG + 4% SBP). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) tehadapat kualitas nutrisi (bahan kering, protein kasar, lemak kasar, abu) dan berpengaruh nyata pada bahan ektrak tanpa nitrogen serta berpengaruh sangat nyata terhadap serat kasar. Kesimpulannya adalah penambahan level 4% Saus Burger Pakan (SBP) pada proses fermentasi eceng gondok selama 14 hari tidak dapat meningkatkan kandungan bahan kering, protein kasar, lemak kasar dan kadar abu, tetapi dapat meningkatkan kandungan serat kasar dan menurunkan bahan ekstrak tanpa nitogen (BETN) pada silase eceng gondok. Kata Kunci : Eceng gondok, saus burger pakan, silase, kualitas nutrisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:58
Last Modified: 11 Jul 2022 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61090

Actions (login required)

View Item View Item