Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMAN 1 XIII KOTO KAMPAR

NADYA DELVITA, - (2022) ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMAN 1 XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)

Abstract

NADYA DELVITA (2022) : ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMAN 1 XIII KOTO KAMPAR Penelitian ini mengkaji tentang nilai moral yang terkandung dalam novel surat kecil untuk tuhan. Moral yang ditampilkan dalam novel ini berkaitan banyak dengan moral yang ada pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Reseach) dengan pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan deksriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek-aspek nilai moral yang terdapat dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan buku-buku, jurnal dan laporan penelitian. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) yaitu sebuah teknik yang digunakan untuk menganalisis teks. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat tiga bentuk nilai moral dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan yang pertama nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhan, kedua nilai moral dalam hubungannya manusia dengan diri sendiri dan yang ketiga nilai moral dalam hubungannya manusia dengan manusia lain. Hasil analisis nilai moral dalam novel tersebut diimplementasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMA yang dituangkan dalam bentuk RPP dan Silabus. Kata kunci: analisis nilai moral, novel, implementasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:57
Last Modified: 12 Jul 2022 02:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61085

Actions (login required)

View Item View Item