Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH UKURAN PEMOTONGAN UJUNG UMBI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

NURHALIZA, - (2022) PENGARUH UKURAN PEMOTONGAN UJUNG UMBI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH UKURAN PEMOTONGAN UJUNG UMBI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) Nurhaliza (11780223625) Di bawah bimbingan Tiara Septirosya dan Oksana INTISARI Peningkatan produksi bawang merah dapat dilakukan dengan memberikan perlakuan pemotongan pada umbi sebelum penanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran pemotongan ujung umbi yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Juli hingga September 2021 di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal yaitu ukuran pemotongan umbi bibit dengan 4 taraf Kontrol/Tanpa Pemotongan, Pemotongan 1/4 bagian, Pemotongan 1/3 bagian dan Pemotongan 1/2 bagian yang diulang sebanyak 7 kali. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, jumlah umbi, berat basah umbi dan produktivitas hasil tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemotongan umbi bibit berpengaruh nyata dalam meningkatkan jumlah daun, jumlah anakan, jumlah umbi, berat basah umbi dan produktivitas hasil tanaman bawang merah. Ukuran pemotongan umbi terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah adalah pemotongan 1/3 bagian. Kata Kunci : Bawang Merah, Pemotongan, Umbi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:56
Last Modified: 11 Jul 2022 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61054

Actions (login required)

View Item View Item