Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PEMAHAMAN, TERHADAP KESEDIAAN DOSEN PNS MEMBAYAR ZAKAT PROFESI (Studi Kasus Dosen PNS UIN SUSKA Riau)

WENI PRADIKA, - (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PEMAHAMAN, TERHADAP KESEDIAAN DOSEN PNS MEMBAYAR ZAKAT PROFESI (Studi Kasus Dosen PNS UIN SUSKA Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh problema yang terjadi dikalangan ulama maupun masyarakat tentang zakat profesi, melihat fakta sekarang bahwa banyak pemotongan gaji untuk zakat profesi yang diberlakukan di instansi tertentu diluar dari keinginan ataupun keikhlasan muzakki dalam mengeluarkan zakat profesi. Sementara itu, diketahui bahwa kampus UIN Suska Riau belum memberlakukan pemotongan tersebut. Oleh itu, peneliti ingin mengetahui faktor pendorong dosen PNS di UIN Suska Riau yang telah bersedia membayar zakat profesi secara individu walaupun belum ada kebijakan tentang pemotongan langsung dari gaji untuk membayar zakat. Merujuk pada pernyataan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi dan mendorong muzakki mengeluarkan zakat, diantaranya faktor religiusitas, pemahaman dan pengetahuan, oleh itu penulis memilih faktor religiusitas dan pemahaman menjadi variabel independent dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang berlokasi di tiga fakultas agama UIN Suska dengan populasinya 172 orang dosen PNS, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan metode Accidental Sampling, yang mengisi kuesioner ini adalah 64 responden. metode pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner dan study kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan Teknik Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh antara variabel Independent X1 (Religiusitas) terhadap variabel dependent Y (Kesediaan membayar zakat) terbukti dari hasil analisis yang menunjukan bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah 0,000 < 0,05 dan t hitung 3,920 > t tabel 2,920 ini berarti H1 diterima atau terdapat pengaruh X1 terhadap Y. Sedangkan nilai signifikansi X2 terhadap Y adalah 0,110 < 0,05 dan t hitung 1,628 < t tabel 2,008, artinya H2 ditolak atau tidak terdapat pengaruh X2 terhadap Y. Secara simultan pengaruh X1 terhadap Y nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05 dan nilai f hitung 8,093 > 3,18. Ini berarti bahwa secara simultan X1 berpengaruh terhadap Y, dan X2 tidak berpengaruh terhadap Y. Kata Kunci: Religiusitas, Pemahaman, Kesediaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:27
Last Modified: 08 Jul 2022 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61030

Actions (login required)

View Item View Item