PENGARUH PENERAPAN STRATEGI JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMAPAR

Nurmawilis, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMAPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di temukan gejala- gejala yang berkaitan dengan penggunaan strategi pembelajaran. Gejala tersebut dapat dilihat dari sebagian guru kurang menguasai strategi sehingga penerapan strategi cendrung pasif dan juga sewaktu guru membentuk kelompok tidak semua siswa ikut serta berdiskusi dengan temannya. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut kedalam sebuah penelitian yang berjudul: “Pengaruh Penerapan strategi Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Air Tiris. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh penerapan yang signifikan terhadap prestasi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Asy- Syafi’iyah Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Air Tiris yang berjumlah 67 siswa, sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Air Tiris. Tekhnik pengambilan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Tes dipergunakan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan prestasi siswa yang signifikan melalui penerapan strategi Jigsaw jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa strategi Jigsaw. Selanjutnya tes dianalisis dengan menggunakan tes’t’. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis percobaan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi Jigsaw dapat meningkatkan perbedaan prestasi siswa yang lebih baik pada pokok bahasan jual beli, khiyar, musaqah, muzara’ah dan mukhabarah jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa strategi Jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:27
Last Modified: 03 Aug 2016 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6103

Actions (login required)

View Item View Item