Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 01 KAMPAR PADA TOPIK PENCEMARAN LINGKUNGAN

FITRI YENI, - (2022) PENGARUH METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 01 KAMPAR PADA TOPIK PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Yeni (2022): Pengaruh Metode Giving Question and Getting Answer Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 01 Kampar pada Topik Pencemaran Lingkungan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 01 kampar, guru masih menggunakan metode ceramah, jarang menggunakan metode yang bervariasi. Hal ini menyebabkan peserta didik cenderung kurang dalam menggunakan kemampuan penalaran untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode giving question and getting answer terhadap kemampuan penalaran peserta didik kelas VII SMP Negeri 01 Kampar pada topik pencemaran Lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control grup, adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 01 Kampar yang berjumlah 172 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan sampel yang digunakan adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui soal tes yang disusun berdasarkan indikator penalaran ilmiah menurut Lawson yang berjumlah 10 soal uraian, data juga di ambil melalui lembar observasi. Data hasil tes di analisis dengan menggunakan rumus uji independent ttest dengan bantuan SPSS versi 24 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 24 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh metode giving question and getting answer terhadap kemampuan penalaran peserta didik SMP Negeri 01 Kampar pada topik pencemaran lingkungan. Kata Kunci: Metode Giving Question And Getting Answer, Kemampuan Penalaran, Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:58
Last Modified: 15 Jul 2022 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61027

Actions (login required)

View Item View Item