Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Siswa yang Bermasalah

Yossi, - (2022) Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Siswa yang Bermasalah. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)

Abstract

ABSTRAK Yossi, (2022): Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Siswa yang Bermasalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Disiplin Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pangkalan Lesung; 2) faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Disiplin Belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang terlambat masuk kelas, adanya siswa yang tida mengerjakan tugas sekolah, adanya siswa cabut saat jam pelajaran, adanya siswa tidak sopan dalam berbicara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian utama adalah 2 orang guru bimbingan konseling dan 3 orang siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru bimbingan konseling dan siswa, objek penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Disiplin Belajar Siswa. Teknik Pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, 1) Strategi komunikasi yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling adalah strategi persuasif, edukatif dan informatif. Disamping itu guru bimbingan konseling juga menggunakan pendekatan personal; 2) Faktor pendukung strategi komunikasi guru bimbigan konseling yaitu fasilitas yang memadai dan kerjasama guru bimbingan konseling dan guru mata pelajaran terjalin dengan baik. Sedangkan faktor penghambat yaitu banyaknya jumlah siswa dan sedikitnya tenaga pendidik guru bimbingan konseling sehingga tidak bisa melihat perilaku siswa satu persatu, dan kurangnya partisipasi siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya. Kata kunci : Strategi Komunikasi, guru BK, disiplin belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:18
Last Modified: 07 Jul 2022 06:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61000

Actions (login required)

View Item View Item