PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI KETELADANAN SIFAT NABI ADAM AS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 003 SUKAJADI PEKANBARU

Nilfitra, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI KETELADANAN SIFAT NABI ADAM AS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 003 SUKAJADI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201111.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 003 Sukajadi Pekanbaru, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain : Guru kurang memberikan kata-kata yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa, sebagian siswa di kelas IV kurang tanggap terhadap pelajaran Agama Islam yang disampaikan oleh guru ketika pembelajaran berlangsung, hal ini terlihat motivasi belajar siswa yang masih rendah, hanya sebagian kecil yang mau bertanya atau mengajukan pendapat ketika guru menjelaskan pelajaran, dan sistem pembelajaran yang digunakan masih sistem monoton, sehingga siswa lebih banyak diam dan menerima apa adanya, tidak adanya kreatifitas dan keaktifan siswa. Dari 37 orang siswa hampir 70 % atau 22 orang siswa kurang semangatnya dalam belajar. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kurang baik. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN 003 Sukajadi Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN 003 Sukajadi Pekanbaru? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil observasi pada gejala awal motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 55,4 dengan kategori Kurang baik. Kemudian berdasarkam hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa mencapai dengan rata-rata persentase 60,4 dengan kategori Cukup baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 73,4 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:23
Last Modified: 21 Dec 2015 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item