Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 2 TELUK KUANTAN

RONI PUTRA, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 2 TELUK KUANTAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS RONI PUTRA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Roni Putra (2022): Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMKN 2 Teluk Kuantan Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XII di SMKN 2 Teluk Kuantan, untuk mengetahui validasi dari pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XII di SMKN 2Teluk Kuantan, dan untuk mengetahui praktikalitas dari pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XII di SMKN 2Teluk Kuantan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang peneliti gunakan adalah model penggembangan 4D. Tahapan penelitian menggunakan model 4D ini adalah Define, Design, Development, dan Dissemination. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah LKPD Interaktif Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan aplikasi Flip Pdf Corporate. Validasi produk dilakukan oleh 10 orang validator yang terdiri dari stake holder dan pakar IT serta diuji coba kepada 32 orang siswa kelas XII TKJ SMKN 2 Teluk Kuantan. Produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan praktikalisasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket Produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan praktikalisasi. Data yang didapat kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisannya. Pengkategorian hasil kevalidan dengan teknik yang dikemukakan Riduwan: 0-20 Tidak valid, 21-40 Kurang valid, 41-60 Cukup valid, 61-80 Valid, 81-100 Sangat valid. Hasil validasi secara umum oleh 10 orang validator dengan nilai 84,63% menunjukkan bahwa LKPD Interaktif sangat valid. Hasil validasi pada aspek kelayakan isi 84,66%, pada aspek kelayakan penyajian 84,57%, pada aspek penilaian bahasa 84,66% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji coba oleh 32 orang siswa secara umum dengan nilai 85,91% menunjukkan bahwa LKPD Interaktif sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil praktikalisasi pada aspek tampilan 86,87%, pada aspek penyajian materi 85,31%, dan pada aspek mamfaat 85,20% dengan kaetgori sangat praktis, hasil validasi oleh 10 orang validator dan uji coba kepada 32 orang siswa menunjukkan bahwa LKPD Interaktif ini sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran Kata Kunci: Penelitian R&D, LKPD Interaktif

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:41
Last Modified: 06 Jul 2022 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60991

Actions (login required)

View Item View Item