Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN PENDIDIKAN BUYA AIDARUS ABDUL GHANY AL-CHALIDY DALAM PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SARAN KABUN KECAMATAN KABUN KABUPATEN ROKAN HULU PROPINSI RIAU

Asparaini, - (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN BUYA AIDARUS ABDUL GHANY AL-CHALIDY DALAM PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SARAN KABUN KECAMATAN KABUN KABUPATEN ROKAN HULU PROPINSI RIAU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (Bab IV)
Thesis Asparaini MPI_Bab IV saja (1) (watermark).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img]
Preview
Text (Komplit tanpa BAB IV)
Thesis Asparaini MPI_Komplit tanpa Bab IV (Watermark) (Foto).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan tertua di Nusantara, Pondok Pesantren harus mampu bersaing ditengah-tengah maraknya kontestasi pendidikan modem, tidak hanya infrastruktur, tapi yang lebih penting adalah bagaimana me-manage model pendidikan ini dengan baik, dan oleh karenanya peran Manager (Pemimpin) sangat menentukan dalam lembaga ini. Buya Aidarus sebagai salahseorang manager (Pimpinan) yang telah mengabdikan dirinya semenjak tahun 1956 sampai akhir hayatnya 1989 layak diteliti dan dianalisa bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen pendidikan yang beliau terapkan dalam pengelolaan Pondok Pesantren Darussalam. Secara umum fungsi manajemen tersebut meliputi, perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). Jenis Penelitian thesis ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat individu life history dengan metode Penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimanakah manajemen pendidikan Buya Aidarus Abdul Ghany Al Chalidy dalam Pengelolaan Pondok Pesantren Darussalam Saran Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu Propinsi Riau (2) Apa-apa saja faktor utama yang mendukung manajemen pendidikan Buya Aidarus Abdul Ghany Al Chalidy dalam Pengelolaan Pondok Pesantren Darussalam Saran Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu Propinsi Riau, (3) Apa faktor�faktor utama yang menghambat manajemen pendidikan Buya Aidarus Abdul Ghany Al-Chalidy dalam pengelolaan Pondok Pesantren Darussalam Saran Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu Propinsi Riau? Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Buya Aidarus telah menjalankan perannya sebagai Manager dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen, antara lain merumuskan Perencanaan (Planning), yaitu bertujuan melahirkan generasi Islam yang Tafaqquh fiddien dengan tiga prinsip dasar, yaitu beraqidah ahlussunah wal-jamaah, bermazhab Imam Syafi’i RA, dan berthariqat naqsyabandiyah. Untuk merealisasikan tujuan dan rencana tersebut, Buya Aidarus membentuk organisasi Pengorganisasian) dengan nama Sekolah Tarbiyah Islamiyah Darussalam Tsany. Dan dalam rangka menggerakkan (Penggerakan) roda organisasi tersebut, kepemimpinan Buya Aidarus didominasi oleh gaya kepemimpinan Demokratis dan kharismatik serta untuk memastikan berjalannya program-program organisasi dalam mencapai tujuan dan rencana, Buya Aidarus melakukan Pengawasan (Controlling) melalui pengawasan Internal, Eksternal dan Preventif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:49
Last Modified: 06 Jul 2022 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60966

Actions (login required)

View Item View Item