Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI SMP NEGERI 2 TELUK BUNTAL KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

NUR FAZILAH, - (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI SMP NEGERI 2 TELUK BUNTAL KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR FAZILAH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Fazilah : Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Interkasi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di SMP Negeri 2 Teluk Buntal Kab Kepulauan Meranti Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Teluk Buntal yang selama ini didominasi dengan metode pembelajaran konvensional yaitu pada peroses pembelajaran masih bersifat berpusat pada guru. Hal ini berimplikasi pada rendahnya Keterampilan bepikir tingkat tinggi siswa . Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melatihkan keterampilaan berpikir tingkat tinggi siswa dalam peroses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instructions pada materi intraksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental dengan desain nonequivalent control grup design pretest dan posttes. Pemilihan sampel secara “Total Sampling”. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian didapat dari tes yang berbentuk soal uraian dengan 3 indikator Anderson dan Kartwoll yang berjumlah 10 soal. Adapun yang diambil dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada indikator menganalisis,mengevaluasi dan mengkreasi dan didukung oleh lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data soal tes diketahui nilai sig. 0,000 < 0,05 yang menunjukkan diterima dan ditolak sehingga dapat disimpulkan adanya “ pengaruh model problem based instructions terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya”. Kata Kunci : Model Problem Based Instructions (PBI), Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa, Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:45
Last Modified: 05 Jul 2022 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60944

Actions (login required)

View Item View Item