Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS VIII MTs MASMUR PEKANBARU PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA

NADILLA DWINANDA PUTRI, - (2022) PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS VIII MTs MASMUR PEKANBARU PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NADILLA DWINANDA PUTRI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nadilla Dwinanda Putri : Pengaruh Metode Learning Start With A Question Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA di MTs Masmur Pekanbaru yang selama ini didominasi dengan metode pembelajaran konvensional yaitu pada peroses pembelajaran masih bersifat berpusat pada guru. Hal ini berimplikasi pada rendahnya kemampuan argumentasi ilmiah siswa . Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melatihkan kemampuan aegumentasi siswa dalam peroses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran learning start with a question pada materi sifat-sifat cahaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental dengan desain nonequivalent control grup design pretest dan posttes pemilihan sampel populasi secara “Total Sampling”. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas control dan kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian didapat dari tes yang berbentuk soal uraian dengan 4 indikator Toulmin yang berjumlah 10 soal. Selain itu pengumpulan data non-tes didapat dari analisis video selama pembelajaran berlangsung, adapun yang diambil dalam kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada indicator rebuttal dan qualifier dan didukung oleh lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data soal tes diketahui nilai sig. 0,000 < 0,05 yang menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan adanya “ pengaruh metode learning start with a question terhadap kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas VIII MTs Masmur Pekanbaru pada materi sifat-sifat cahaya”. Kata Kunci : Metode Learning Start With A Question (LSQ), Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa, Materi Sifat-sifat Cahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:43
Last Modified: 05 Jul 2022 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60932

Actions (login required)

View Item View Item