SUKMA WIDYA NENGSIH, - (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Pemanasan Global. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
||
|
Text
SKRIPSIII SUKMA WIDYA NENGSIH 01.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian Pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Telekomunikasi Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 1 kelas. Pengambilan sample menggunakan teknik (sampling total) sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan aktivitas siswa, serta tes keterampilan berpikir kritis yang sudah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-gain, uji normalisasi Shapiro-Wilk dan uji hipotesis sample paired t- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis melalui yang signifikan sebesar 41,4% dengan kategori sedang. Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemanasan Global.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 03:39 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 03:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60931 |
Actions (login required)
View Item |