Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Pemanasan Global

SUKMA WIDYA NENGSIH, - (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Pemanasan Global. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSIII SUKMA WIDYA NENGSIH 01.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian Pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Telekomunikasi Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 1 kelas. Pengambilan sample menggunakan teknik (sampling total) sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan aktivitas siswa, serta tes keterampilan berpikir kritis yang sudah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-gain, uji normalisasi Shapiro-Wilk dan uji hipotesis sample paired t- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis melalui yang signifikan sebesar 41,4% dengan kategori sedang. Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemanasan Global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:39
Last Modified: 05 Jul 2022 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60931

Actions (login required)

View Item View Item