Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PENGGANTIAN PEJABAT STRUKTURAL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI RIAU JELANG PILKADA TAHUN 2018

Aditya Darmadi, Aditya (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PENGGANTIAN PEJABAT STRUKTURAL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI RIAU JELANG PILKADA TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggantian pejabat struktural di lingkungan pemerintah daerah provinsi riau jelang pilkada 2018, serta apa saja faktor-faktor penyebab dan kendala dalam pelaksanaan penggantian pejabat struktural dilingkungan pemerintah daerah provinsi riau jelang pilkada 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, data, dan waktu dengan analisis data menggunakan model miles and hubermann yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penggantian pejabat struktural di lingkungan pemerintah daerah provinsi riau jelang pilkada tahun 2018 sudah dilaksanakan dengan cukup baik, kecenderungan dilaksanakan menggunakan merit system, dimana prosedur dilakukan secara ilmiah normatif sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil serta memerlukan persetujuan/izin dari mendagri. Objektivitas diketahui melalui penempatan berdasarkan kompetensi pegawai, kesesuaian kualifikasi pendidikan, serta tanpa diskriminasi dan hasil prestasi kerja. Selanjutnya, terdapat pertimbangan lain berupa seniority system yaitu usia, masa kerja, serta pengalaman dan dalam momentum jelang pilkada mengesampingkan spoil system berdasarkan kekeluargaan, like and dislike meskipun masih menimbulkan stigma adanya mutasi dengan agenda kepentingan politik serta jenjang pangkat yang belum sepenuhnya diperhatikan. Adapun faktor penyebab terjadinya penggantian pejabat tersebut antara lain adanya restrukturisasi organisasi, kekosongan jabatan serta adanya evaluasi kinerja. Akan tetapi masih terdapat kendala administratif dan psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggantian, Mutasi, Pejabat Struktural, Pilkada
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:54
Last Modified: 04 Jul 2022 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60886

Actions (login required)

View Item View Item